Saturday, March 28, 2009

Akhiri Pekan Ini, Harga Minyak Terjun Bebas

Sabtu, 28 Maret 2009 | 06:13 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah merosot tajam mengakhiri transaksi pekan ini. Sementara harga gas alam terjun ke angka terendah dalam 7 tahun terakhir, Jumat (28/3), sebagai dampak dari kemerosotan tajam konsumsi energi di kalangan industri.

Kontrak pengiriman minyak mentah light, sweet untuk Mei turun 1,96 dollar AS serta ditutup pada 52,38 dollar AS per barrel di bursa komoditas New York Mercantile Exchange. Sementara di bursa komoditas ICE Futures, London, kontrak pengiriman minyak mentah Brent merosot 1,48 dollar AS serta ditutup pada 51,98 dollar AS per barrel.

Menguatnya nilai dollar AS mengalihkan investor dari transaksi komoditas. Harga minyak mentah yang diperdagangkan di dalam dollar AS cenderung bergerak berlawanan arah dari nilai mata uang tersebut.

Harga minyak mencetak rekor kenaikan baru 2009 pada Selasa (24/3) dan Kamis (26/3). Berkembang konsesus di kalangan pakar bahwa dunia akan mengalami masa kekurangan bahan bakar saat sejumlah produsen minyak memangkas produksi serta eksplorasi. Namun, sebagian besar analis sepakat bahwa masa itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat mengingat permintaan pasar akan bahan bakar telah merosot tajam.

JIM
Sumber : AP
Kompas

- Muhammad Idham Azhari

1 comment:

Anonymous said...

Ya, mungkin karena itu