Saturday, November 22, 2008

[Bagian 83 dari 100] New Wave Marketing: Product (RED): The Bono Way to Save Africa

Sabtu, 22 November 2008 | 10:30 WIB

This is not charity. This is commerce.” Itulah yang dikatakan Bono di hadapan ribuan orang yang hadir di acara “Starbucks Leadership Conference” di New Orleans Arena, Amerika, pada 29 Oktober 2008 lalu.

Frontman U2 ini mengatakan hal tersebut untuk menyambut bergabungnya Starbucks dengan proyek Product (RED) yang digagasnya. Langkah ini bagi Starbucks menegaskan kembali visinya sebagai “a company with a conscience”. Ini juga merupakan bagian dari inisiatif “Shared Planet” dari Starbucks untuk mendorong praktik-praktis bisnis yang lebih ramah lingkungan dan lebih peduli terhadap komunitas.

Dengan menjadi bagian dari Product (RED) ini, Starbucks akan mendonasikan sebagian dari pendapatannya ke Global Fund untuk membantu penggalangan dana untuk penanggulangan masalah HIV/AIDS di Afrika. Selain itu, sejumlah produk lainnya yang tergabung dalam Product (RED) juga akan dijual di ribuan kedai Starbucks. Starbucks menjadi perusahaan terakhir yang bergabung dalam proyek ini. Sebelumnya, sejumlah perusahaan ternama seperti Microsoft, Converse, Apple, Hallmark, Gap, Giorgio Armani, American Express, Motorola, koran The Independent, dan Dell juga telah bergabung.

bersambung...

Hermawan Kartajaya

Kompas

No comments: