BLOGSPOT atas

Wednesday, June 3, 2020

SEO dan GROWTH HACKING

Sedikit cerita mengenai SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION) dengan LBO (Local Business Optimization) atau disebut LOCALIZATION/LOCAL BUSINESS/LOCAL SEO yang bisa diterapkan untuk semua BISNIS..

LBO-SEO adalah teknik lawas yang banyak dipakai Pakar Digital Marketer Dunia, dan saat ini menjadi teknik paling ampuh dibanding teknik digital marketing lain .. memang agak sulit teknik ini, tapi bisa bertahan lama terus menerus (asalkan Domain/Hosting) dibayar pertahun .. mengapa agak sulit? karena digital marketer harus pantau terus algoritma google, dimana kiranya "growth hacking" dapat dilakukan supaya bisa bertahan "abadi"..

Dan mengapa dipilih teknik yang bisa bertahan "abadi"?, karena banyak Pebisnis sekarang lakukan penghematan biaya marketing mengingat FB Ads maupun IG Ads menjadi sangat mahal, semua orang terjun ke Online karena Offline menjadi tidak relevan lagi (berlaku hukum supply & demand & new normal yang meluluhlantakkan Pebisnis Offline)..

Beriklan sosmed sangatlah mudah asal ada anggaran yang buanyaaak, but FB Ads dan Ads lain hanya bercokol pada saat campaign aja (Kick & Run Method).. 

Optimasi Sosmed hanya untuk boosting atau "second platform" mengingat Sosmed bakal bisa tumbang alias postingan Kita bertahun2 akan seketika lenyap sirna , contohnya Google+ sudah tumbang, path, friendster, Myspace dl..

Pada dasarnya, siapa yang lebih dulu lakukan teknik LBO-SEO, itulah pemenangnya, menjadi AUTHORITY dibanding Pesaing..

Orang dengan mudahnya meniru metode BISNIS (tinggal ATM aja, amati-tiru-modifikasi)..

Misalnya ada Cafe "Pelopor" didalam suatu Kota dengan fisolofi yang ciamik, tiba2 ada Cafe "Peniru"! dan ketika Cafe "Peniru" lebih dahulu lakukan ONLINE PRESENCE dengan teknik LBO-SEO ketika itu pula ada OPPORTUNITY LOST pada Cafe "Pelopor" dan Cafe "Pelopor" akan sulit mengejar, GOOGLE lebih dahulu LOVE ke Cafe "peniru"..

Bahkan Cafe "Pelopor" bisa luluhlantak karena tidak ada "SEO TRUST" pada media DIGITAL!

Customer baru dan customer lama Cafe "Pelopor" akan tersedot ke Cafe "Peniru"..

Actually Teknik LBO-SEO adalah teknik Para "Buzzer" hahaha ... karena ada growth hacking disana, bagaimana optimisasi dilakukan terus menerus, konsisten terus..

"Buzzer" tentu saja bisa positif kalau untuk jual produk yang diinginkan Customer ... INBOUND MARKETING sangatlah intens pada teknik LBO-SEO...

So, bagaimana "Buzzer" bisa menguasai satu topik tertentu? yaa dengan teknik LBO-SEO!! ..

But GROWTH HACKING gak melulu DIGITAL.. GROWTH HACKING adalah salah satu teknik MARKETING .. dengan biaya rendah, Anda bisa HACK bagian mana saja dengan tujuan CUSTOMER ACQUISITION COST & LIVE TIME VALUE OF CUSTOMER miliki rasio yang optimal!!!..

by Idham Azhari

No comments: