Wednesday, January 28, 2009

Feng Shui: Pasar Saham Lebih Tenang pada Tahun Kerbau

Rabu, 28 Januari 2009 | 00:30 WIB

Para investor saham yang terombang-ambing akibat harga saham yang jatuh cukup dalam tahun lalu mungkin akan sedikit lega karena wejangan dari para praktisi fengsui. Fengsui merupakan seni tradisional China yang secara harfiah berarti angin dan air, tetapi lingkup kajiannya luas seputar ramalan, shio, hingga tata letak.

Tentang kondisi perekonomian tahun ini, para praktisi fengsui menyatakan, dalam tahun kerbau ini pasar saham akan lebih tenang. ”Tahun ini adalah tahun kerbau tanah. Orang-orang bisa mengambil napas dan merefleksikan gejolak hebat yang telah terjadi pada tahun 2008, ” ujar Raymon Lo, ahli fengsui dari Hongkong.

Para praktisi fengsui mengatakan bahwa dunia ini terbentuk dari lima unsur, yaitu air, tanah, api, kayu, dan logam. Kelima unsur tersebut memperlihatkan pergerakan dalam hidup kita.

Tanah merupakan elemen yang paling tenang. Tahun ini merupakan tahun Kerbau tanah sehingga diartikan bahwa akan berjalan lebih tenang, gejolak berkurang dibandingkan dengan tahun lalu. Tanah juga melambangkan energi yin, energi feminin.

Menurut Lo, yin yang merupakan konsep dualisme dalam kebudayaan China yang saling bertentangan, tetapi saling melengkapi; antara lain yang melambangkan kejantanan, panas. Sebaliknya, yin feminin dan dingin.

Tahun Kerbau Tanah yang mulai 26 Januari lalu merupakan tahun tertenang di pasar saham sejak tahun 2000. Masih menurut Lo, para investor tidak perlu terburu-buru masuk ke pasar saham.

”Tahun 2009 akan menjadi tahun tanah suci. Artinya, api akan kehilangan kekuatannya sehingga tidak terlalu banyak pendorong untuk mengangkat pasar saham,” kata Lo.

Perekonomian diakui masih sulit. Pasar saham mungkin akan naik pada semester pertama tahun ini, tetapi keuntungan dapat menipis pada semester kedua. ”Pasar akan tenang pada semester kedua dan akan menjadi kesempatan baik untuk pemulihan tahun depan, tahun Harimau di 2010,” paparnya lagi.

Perekonomian global akan sedikit membaik tahun ini. Salah satu faktornya adalah Presiden AS Barack Hussein Obama. Obama lahir pada tahun yang memiliki elemen tanah yin. Sama seperti Presiden Abraham Lincoln dan Presiden Perancis Sarkozy adalah orang-orang yang berunsur tanah yin.

”Mereka merupakan pemimpin generasi baru. Mereka itu lebih kalem, humanis, dan karismatis,” ujar Lo.
Leonardo da Vinci, Michaelangelo, Charles Darwin, dan Sigmund Freud semuanya lahir pada tahun berunsur tanah yin. Tahun ini juga menyimbolkan harmoni dan sebagai awal dari sebuah tatanan baru yang hadir 60 tahun sekali. Tahun terakhir Kerbau tanah yin pada tahun 1949. Pada tahun ini lahirkan Republik Rakyat China serta Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Sementara itu, pakar fengsui dari Singapura, Vincent Koh, dari Pusat Feng Shui Singapura, sepakat bahwa pasar finansial akan mengalami penurunan. ”Jangan memilih aset yang berisiko tinggi tahun ini, bersabarlah dan jangan mengharapkan imbal hasil terlalu tinggi,” kata Koh.

Perekonomian global akan mulai membaik pada semester kedua. Koh juga melihat kegiatan merger dan akuisisi akan ramai pada tahun ini. Namun, dia cepat-cepat menambahkan perbankan masih tetap enggan mengucurkan kredit.

Sebuah laporan dari perusahaan riset Daiwa Institute memperingatkan bahwa tahun Kerbau biasanya berbahaya untuk pasar saham. Indeks Nikkei Jepang turun 11,4 persen dalam lima tahun kerbau terakhir.

Profesor Charlie Chao, ahli fengsui dari Filipina, tahun lalu sudah memperingatkan kemungkinan terjadinya krisis keuangan pada tahun 2008. Akan tetapi, dia juga memprediksikan ada perbaikan kinerja pada pasar saham di Filipina.

Ramalan terakhirnya tersebut tidak cukup terbukti. Pasar saham Manila turun hingga 48 persen tahun lalu, sedangkan pada tahun 2007 hanya naik 21 persen.

Bangunan

Para kaisar China sangat memercayai wejangan dari pada ahli fengsui. Pada zaman modern, masih banyak juga para politisi dan pebisnis yang mengandalkan nasihat dari para ahli fengsui.

Apartemen dan gedung perkantoran sering kali dibangun berdasarkan nasihat mereka untuk menghasilkan kesejahteraan yang berlimpah.

Misalnya saja gedung HSBC di Hongkong yang dibangun berdasarkan petunjuk dari ahli fengsui. Demikian pula dengan taman wisata Disneyland di Hongkong yang mengganti gerbang utamanya setelah berkonsultasi dengan pakar fengsui. (Reuters/joe)

Kompas

- Muhammad Idham Azhari

No comments: