Friday, October 31, 2008

[Bagian 61 dari 100] New Wave Marketing: What is Your Colour?: The Airbus A380 Case

Jumat, 31 Oktober 2008 | 08:20 WIB

PADA akhir Desember 2007 lalu ada serangkaian iklan yang cukup menarik di koran The Wall Street Journal. Iklan ini terbit dua halaman penuh selama beberapa hari berturut-turut. Brand-nya adalah Airbus A380.

Serial iklan cetak ini ada empat versi sesuai headline-nya, yaitu Greener, Cleaner, Smarter, dan Quieter. Tampilannya hampir sama, gambar sebuah siluet pesawat Airbus A380, sementara isi siluetnya berbeda-beda sesuai dengan tema headline.

Versi Greener isi siluetnya menampilkan gambar hutan. Yang versi Cleaner gambarnya adalah kepulauan yang hijau dan lautan biru. Sementara versi Smarter menampilkan lumba-lumba yang sedang berenang. Dan versi Quieter gambarnya adalah orang yang sedang memancing di sebuah danau.

Kemudian, body text-nya sendiri menjelaskan lebih lanjut tentang headline-nya. Pada versi Greener antara lain dinyatakan bahwa Airbus merupakan satu-satunya manufaktur pesawat yang mampu memenuhi secara ketat standar manajemen lingkungan ISO 14001, baik pada proses di pabriknya maupun pada produknya.

bersambung...

Hermawan Kartajaya

Kompas

No comments: