Thursday, October 24, 2013

Pendiri Twitter Ungkap Rahasia Jadi Kaya

Kamis, 24 Oktober 2013 | 09.08 WIB

KOMPAS.com — Setiap pengusaha pasti ingin sukses dan menjadi kaya berkat bisnisnya. Para pengusaha online cukup beruntung karena pendiri Twitter, Evan Williams, membagikan tips suksesnya membangun bisnis berbasis internet.

Williams menjadi salah satu pembicara favorit dalam XOXO Conference di Portland, Oregon, pada 19-22 September 2013 lalu. Dalam acara itu, dia membagi ilmunya tentang internet, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana seseorang bisa menjadi kaya berkat internet.

"Kita sering berpikir bahwa internet memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal baru. Padahal sesungguhnya, banyak orang hanya ingin melakukan hal sama seperti yang selalu mereka lakukan," kata Evan Williams, dikutip KompasTekno dari Wired.

Nasihatnya dinilai sangat tepat ditujukan kepada generasi muda Silicon Valley, yang masih butuh petunjuk dalam menjalankan bisnis internet.

Williams memang pantas memberikan nasihat soal internet. Sepanjang kariernya sebagai entrepreneur, pria kelahiran 31 Maret 1972 ini telah mendirikan beberapa perusahaan internet. Dua di antaranya, yakni Twitter dan Blogger, sangat terkenal dan digunakan banyak orang.

Williams terjun ke bisnis internet sejak 10 tahun lalu. Pada tahun 1994, setelah drop-out dari kampusnya di Nebraska, dia mulai mencari uang dengan menjual video tutorial tentang internet. Pada masa itu, dia masih menggambarkan internet sebagai sebuah puzzle yang terdiri dari banyak komputer, informasi, dan banyak orang.

Seiring dengan waktu, kini dia melihat internet sebagai sesuatu yang berbeda. Dia melihat internet sebagai sebuah "mesin raksasa yang dirancang untuk memberikan hal-hal yang diinginkan banyak orang".

Bagaimana cara untuk sukses dan menjadi kaya berkat internet? Berikut tips dari Williams.

1. Temukan hal-hal yang pernah dilakukan dan disukai banyak orang

Kebanyakan pengusaha internet selalu mencoba mencari hal-hal baru yang menurut mereka menarik untuk dilakukan oleh banyak orang. Hal itu salah, menurut Williams. Carilah hal-hal yang disukai banyak orang, hal-hal yang pernah dan ingin dilakukan oleh banyak orang. Identifikasi hal-hal tersebut.

Lalu, gunakan teknologi modern untuk menciptakan layanan yang lebih baik daripada layanan yang telah ada, untuk membantu banyak orang melakukan hal-hal tersebut.

2. Ciptakan solusi untuk menjawab kebutuhan dasar banyak orang

Internet bukanlah benda ajaib. Internet hanya sebuah alat. Orang-orang yang dapat menggunakan alat itu dengan baik, dan bisa menciptakan solusi untuk permasalahan dasar yang dihadapi banyak orang, akan mendapatkan keuntungan.

Sebaliknya, orang-orang yang melupakan kebutuhan dasar manusia, dan ingin menyuguhkan ide-ide hebat yang baru, hanya akan mendapat masalah.

3. Buat orang merasa nyaman

Orang akan sering mengakses layanan Anda jika mereka merasa nyaman menggunakannya. Kenyamanan di internet pada dasarnya bisa diperoleh dengan dua hal: kecepatan dan kemudahan. Dengan kata lain, orang tidak mau menunggu dan tidak mau berpikir. Jadi, internet harus bisa merespons keinginan mereka.

Williams mencontohkan Google, Facebook, dan Amazon. Banyak orang merasa nyaman menggunakan layanan-layanan tersebut karena bisa diakses dengan cepat dan mudah, tanpa membuat orang berpikir dan membuang banyak waktu.

4. Layanan harus sederhana

Formula lain untuk sukses dalam berbisnis online adalah membuat layanan yang sederhana. Blogger, misalnya, bisa mengubah cara orang menyimpan konten di jaringan internet dengan cara yang sederhana. Blogger membantu orang untuk membuat dokumen, menyimpannya, serta memublikasikannya ke jaringan secara mudah, hanya dengan mengeklik tombol "publish".

Itulah tips untuk membangun perusahaan bernilai miliaran dollar dari Evan Williams. Tips tersebut memang terdengar sederhana. Namun, itulah kunci sukses dari setiap pengusaha internet. Mereka harus bisa memberdayakan internet sebagai mesin yang dapat meningkatkan kualitas hidup para penggunanya.

Quoted by Muhammad Idham Azhari from Kompas.com

No comments: