Sunday, August 8, 2010

INVESTASI: Bisakah Pensiunan Bermain Saham?

Minggu, 8 Agustus 2010 | 04:12 WIB

Adler Haymans Manurung - praktisi keuangan

Masa pensiun biasanya dianggap sebagai masa menikmati hidup karena mereka sudah menabung (termasuk berinvestasi). Apakah seorang pensiunan bisa bermain saham?

Dua Minggu terakhir harga saham mengalami peningkatan yang cukup menarik dan membuat berbagai pihak ingin ikut bermain saham. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menembus angka 3.000 di mana angka ini dianggap angka yang paling bersejarah karena IHSG akan bisa menembus angka berikutnya, misalnya 3.500, dan seterusnya. Jika memerhatikan IHSG yang merangkak naik, sudah selayaknya pemain saham ikut serta menikmati keuntungan yang akan terjadi, termasuk pensiunan yang bermain saham.

Sebelum membahas pensiunan bermain saham, maka terlebih dahulu harus dipahami tujuan dana yang digunakan untuk bermain saham tersebut. Apakah bermain saham untuk mendapatkan capital gain yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau untuk investasi saham di mana hasilnya bukan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Risiko

Pensiunan juga harus memahami beberapa hal. Pertama, bermain saham mempunyai risiko. Risiko yang dimaksudkan bahwa harga saham mempunyai pergerakan yang naik atau turun dan lebih dikenal mempunyai volatilitas. Volatilitas harga saham di Indonesia sangat tinggi apabila dibandingkan dengan volatilitas harga saham di Singapura, Amerika Serikat, Hongkong, London, dan negara di Asia lainnya.

Jika harga saham naik terus, hal itu tidak membuat persoalan bagi pensiunan. Akan tetapi, harga saham yang terus-menerus turun akan menjadi persoalan bagi pensiunan. Apabila pensiunan melihat asetnya turun drastis dalam hitungan jam, maka pensiunan bisa berakibat jantung berdetak.

Kedua, bermain saham di bursa memerlukan waktu agar investasi yang dilakukan dapat menghasilkan capital gain dan dapur pensiunan berasap. Waktu yang diperlukan adalah waktu untuk melihat pergerakan harga saham, bisa langsung ke Bursa Efek Indonesia atau melalui broker saham yang tercatat di Bapepam. Pensiunan harus menjadi trader apabila ingin berinvestasi atau bermain saham karena pensiunan membutuhkan dana untuk keperluan sehari-hari.

Sebenarnya, banyak investor saham di pasar Amerika Serikat (New York) hidup dari hasil bermain saham. Investor memperoleh capital gain untuk kehidupannya sehingga investor perlu ke broker untuk menyaksikan monitor komputer dalam rangka melihat perubahan harga saham yang bersangkutan.

Ketiga, dana untuk digunakan bermain saham sebaiknya tidak seluruh dana yang dimiliki karena pensiunan harus mempersiapkan dana tunai atau dana yang bisa diambil atau dicairkan secepatnya. Artinya, investor atau pensiunan harus memahami mengenai alokasi aset yang dimiliki, tidak seluruhnya pada aset tertentu dalam hal ini hanya saham. Pensiunan harus memiliki dana yang diinvestasikan pada aset yang memberikan bunga di mana bunganya digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Jangka panjang

Kelima, pensiunan juga harus memahami bahwa investasi pada saham merupakan investasi jangka panjang. Semakin lama investasi pada saham, maka semakin tinggi capital gain yang diperoleh. Kejadian ini sudah sangat dialami oleh investor di Amerika Serikat. Oleh karena itu, mereka suka berinvestasi pada saham dan dengan pandangan yang cukup panjang pula.

Keenam, pensiunan harus bermain saham pada saham yang mempunyai likuiditas yang tinggi atau
saham yang ketika dijual atau ditawarkan di bursa langsung ada pembelinya. Harga yang ditawarkan juga harus harga yang sesuai dengan nilai intrinsiknya atau sekitar nilai wajar atau nilai pasar saham diperdagangkan. Jika pensiunan bermain saham pada saham yang tidak likuid, maka pensiunan akan menemukan persoalan bahwa pensiunan belum bisa mendapatkan dananya sesuai dengan harapan karena saham tidak dapat dijual akibat belum ada yang membelinya.

Ketujuh, pensiunan yang bermain saham sebaiknya harus banyak mendapatkan informasi. Informasi ini sangat diperlukan dalam rangka bermain saham. Informasi yang diperoleh tidak membuat pensiunan salah mengambil keputusan dalam bermain saham. Informasi membuat mereka membeli saham di mana saat tersebut paling layak menjual saham karena harga saham diprediksi akan mengalami penurunan karena pemerintah akan menaikkan tingkat bunga.

Setelah membeli saham pensiunan tersebut, harga saham mengalami penurunan sehingga pensiunan tidak berani melakukan cut loss, akibatnya menunggu sampai harga saham tersebut mengalami kenaikan. Tidak naiknya harga saham bisa juga membuat pensiunan menjadi stres karena capital gain tidak diperoleh dan akibatnya kebutuhan sehari-hari tidak terpenuhi.

Pensiunan bisa melakukan diskusi dengan berbagai pihak, terutama para broker termasuk analisnya untuk mendapatkan informasi dalam rangka mengambil keputusan bermain saham. Pensiunan harus bisa berdiskusi secara mendetail dan juga harus memprediksi di masa mendatang.

Pensiunan juga bisa mendekati pihak-pihak yang pintar bermain saham dan selalu mengikuti gerakan pemain saham tersebut. Apabila pemain saham tersebut membeli saham, maka pensiun harus membeli dan apabila pemain saham yang pintar tersebut menjualnya, maka pensiun juga menjual asalkan investor tahu betul pemain saham yang pintar tersebut. Intinya, pensiunan harus hati-hati dan kumpulkan semua informasi sebelum mengambil keputusan.

KOMPAS

- Muhammad Idham Azhari

1 comment:

Ir. Lucky said...

www.kaya.zz.mu

KAYIN.CO Team bekerja pada bisnis jasa professional perdagangan di pasar modal dunia, khususnya transaksi logam mulia “Gold” terhadap dolar Amerika. Transaksi jual dan beli dilakukan pada perusahaan-perusahaan pialang futures dunia yang terdaftar dan legal. Perbedaan utama dari perdagangan ini adalah tidak perlu melibatkan fisik "Gold" dan modal senilai harga pokoknya. Hanya menyediakan sedikit modal sebagai jaminan kepemilikan. Contoh DP (Down Payment) untuk membayar sebuah real estate. Walaupun hanya DP saja, namun tetap memiliki hak penuh mendapatkan keuntungan dari selisih harga saat terjadi fluktuasi. Hal inilah memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan puluhan kali lebih besar daripada modal jaminan yang disetorkan.

Lalu bagaimana caranya agar dapat melakukan transaksi yang benar serta masuk akal untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan tersebut. KAYIN.CO Team mengajak beberapa Investor dari Anda yang tertarik sebagai penjamin kepemilikan transaksi "Gold", dan mempercayakan sepenuhnya seluruh transaksi pada sistem yang akan bekerja secara otomatis dengan program EA (Expert Advisor). Berdasarkan metode “ReversalTrend”. Uraian tentang strategi untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan modal minimal, serta perbandingan resiko bila menang dan kalah dalam satu tahun, akan dijelaskan melalui proposal dibawah ini.

Semua dana Investor sepenuhnya digunakan hanya sebagai modal awal dalam sistem perdagangan ini. Minimal $1.000 untuk setiap account. (Untuk minimum account tidak dibatasi, namun lebih banyak account baru diperdagangkan pada setiap awal bulan, maka profit yang didapat akan lebih stabil dan menjamin semua resiko akan terbayar). Account yang terdaftar dan rekening bank untuk withdrawal, semuanya sesuai nama ID Investor. Penting: Perusahaan pialang hanya akan mencairkan withdrawal pada rekening bank yang sesuai dengan nama ID Investor. KAYIN.CO adalah jasa independen bukan bagian dari perusahaan pialang.

Investor tidak perlu membayar biaya apapun, termasuk R&D sistem EA dan operasionalnya. Karena seluruh biaya telah dibayar oleh pihak KAYIN.CO Team.

Setiap usaha apapun selalu ada resiko untuk mencapai hasil. Terlebih lagi bidang usaha di pasar modal yang menganut hukum “High Risk High Return”. Solusinya adalah dengan “Ilmu Probabilitas”, yaitu resiko akan menjadi kecil atau hilang, apabila semakin banyak kehadiran dalam setiap peluang. Sesuai nasehat ahli ekonomi "Jangan letakkan semua telur dalam sebuah keranjang". Maka transaksi dibagi dalam beberapa account dan waktu yang berbeda. Strategi yang akan dijalankan adalah:

www.kayainstan.com/proposal.html