Tuesday, December 8, 2009

Tiga Tingkatan untuk CONNECT!

Selasa, 8 Desember 2009 | 08:35 WIB

KOMPAS.com - Bagi kami ada tiga tingkatan CONNECT! Yang pertama adalah Mobile CONNECT!. Pertanyaan testingnya adalah "Are you well-CONNECTED?" di dunia online maupun offline. Jika Anda punya 10,000 teman di Facebook, dan 25,000 lain mengantri, juga punya ribuan kartu nama yang didapat dari mana saja, dan kartu nama Anda juga ada di mana-mana, maka Anda sesungguhnya adalah orang yang punya mobilitas tinggi dan itu salah satu pertanda Well-Connected.

Obama punya belasan juta teman online. Karena itu, tim Obama for America (OFA) bisa berkomunikasi dengan mereka at any time. Itu semua bisa terjadi karena sudah banyak gadget yang bisa jadi konektor! Sedemikian banyak gadget yang ada, sudah sepantasnya disingkat jadi MOBILE saja. Selama Anda ber "mobile-ria" ke mana-mana Anda bisa tetap bisa berkomunikasi, untuk menjadi seseorang yang well-Connected, punya mobilitas tinggi merambah dunia Online dan Offline. Informasi update bisa masuk at any time kalau Anda Well-Connected !

Customer Insight dan Competitor Intelligence juga bisa "tertangkap" lebih gampang kalau Anda Well-Connected! Begitu juga dengan informasi mutakhir tentang Teknologi, Politik, Ekonomi dan Sosial. Expert-Opinion tetap diperlukan karena analisa seorang ahli bisa lebih dalam. Tapi masalahnya sering terlambat! Sedang kalau Anda Mobile CONNECT! semuanya bisa Personal, Available, Immediate dan Real Time! Selalu up-to-date, selalu terdepan dalam berbagai hal yang terkait dengan dinamika lanskap.

Tingkat kedua adalah Experiential CONNECT!. Pertanyaan yang relevan di sini adalah "How Deep is your CONNECTION?" Bukan cuma hanya “Are you Well-Connected?” atau masalah seberapa eksisnya Anda karena mobilitas Anda yang tinggi. Tapi yang menjadi penting adalah bagaimana orang bisa merasakan dan mengalami ke-eksis-an Anda tersebut.

Mungkin dari 10,000 teman di Facebook tadi, hanya sedikit yang mempunyai Experience Connection. Karena itu seorang Marketer juga harus ‘meningkatkan‘ tingkatan level connection-nya dari Mobile ke Experiential.

Offline Experiential event yang berdasarkan kaidah kekuatan multisensor yang menggugah panca indera kita (multisensory), juga ada kekuatan emosional (emotional), dan kekuatan rasa saling membagi (Sense of sharing). Tiga kaidah yang disingkat menjadi MES ini dapat menimbulkan "deep connection" atau koneksi yang dalam karena pengalaman yang mendalam.

Berbagai gadget baru yang kita pakai (seperti iPhone, Blackberry, dan lain sebagainya) tidak sekedar membantu connection kita secara "mobile" tapi sekaligus eksperiensial dan juga mobile. Sudah merupakan tugas bagi seorang marketer untuk dapat membuat ekstensi dari offline experience itu menjadi online experience.

Obama melanjutkan diskusi atau entertainment yang terjadi di offline campaign-nya di Internet! Dengan demikian, intimacy dan enthusiasm yang ada di dunia offline bisa berlanjut dengan excitement dan engagement yang didapati dari dunia online. Demikian juga bisa terjadi sebaliknya, dari online ke offline.

Dan, tingkat paling tinggi dalam CONNECT! adalah Social CONNECT! Dunia New Wave adalah dunia di mana hubungan sosial antar pelanggan adalah segala-galanya. Customer sudah mulai tidak percaya marketer. Mereka cuma percaya teman-temannya di dalam komunitas yang sama, karena itu Social Connect! punya tingkatan tertinggi.

Di dalam hal tingkatan koneksi sosial ini, pertanyaan yang tepat sekarang adalah "How Strong is the CONNECTIVITY?" Komunitas yang punya Strong Connectivity akan berinteraksi sendiri tanpa pemimpin yang formal. Seringkali terjadinya dadakan, spontan dan informal! Tapi terus kenapa mereka mau berkomunitas dengan konektivitas yang tinggi? Karena ada lima karakteristik yang disingkat SEGAS. Apa itu? “Status & Self-Esteem”, “Expressing Identity”, “Giving & Getting Help”, “Affiliation & Belonging”, dan “Sense of Community.”


Hermawan Kartajaya,Waizly Darwin

KOMPAS

No comments: