Tuesday, November 24, 2009

"Human Race": Ras Manusia atau Balapan Manusia?

Selasa, 24 November 2009 | 08:39 WIB

KOMPAS.com – Jika Anda ketik keyword di Google “human race”, Anda akan diperlihatkan masukan dari Wikipedia tentang apa itu human race, yang bisa dimaknakan manusia atau ras manusia. Di peringkat kedua pencarian di Google, Anda akan bisa lihat sebuah link yang akan mengajak Anda untuk adu balap lari, untuk sesama manusia, yang inisiatifnya datang dari Nike Plus, sebuah langkah New Wave yang dilakukan oleh Nike dalam rangka mengajak komunitas mereka yang suka lari.

Menyambung dari artikel yang kemarin, Nike juga menggunakan konektor social untuk meningkatkan ikatan dengan para runners, salah satunya adalah melalui kegiatan aktivasi yang dinamakan Human Race. Acara ini terdiri dari beberapa seri lomba lari 10 km yang dilakukan dibeberapa kota besar di dunia.

Nike pertama kali melaksanakan kegiatan ini pada tahun 2008 dengan tema “One Day, One Race, One Million Runners.” Ketika itu Human Race adalah bagian dari kampanye promosi Nike+iPod yang bertujuan untuk mempertemukan komunitas pengguna Nike+ dan runners diseluruh dunia.

Acara ini terbilang sukses, terlihat dari banyaknya jumlah kota yang berpartisipasi. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008, Nike mampu mengundang 25 kota besar yang kemudian bertambah menjadi 30 kota besar pada tahun berikutnya.

Kesuksesan ini juga didukung oleh meningkatnya popularitas Nike+ (www.nikeplus.com) yang sebelumnya telah berhasil mengumpulkan lebih dari 800,000 runners. Nike menggeser level hubungan komunitas tersebut, yang semula tingkatnya virtual menjadi ikatan yang sifatnya nyata secara fisik.

Ada beberapa keuntungan bagi Nike dan runners dalam kegiatan Human Race ini. Keuntungan pertama adalah Nike dapat menggunakannya sebagai media komunikasi bahwa Nike masih merupakan brand terkemuka di industrinya. Kedua, kegiatan ini merupakan kesempatan Nike untuk berinteraksi dengan para “runners-nya.” Ketiga, kegiatan ini menghubungkan komunitas runners yang tersebar dari berbagai negara dalam satu periode waktu acara yang bersamaan. Terahir, kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan para peserta sebagai mahluk sosial. Melalui Human Race, Nike memfasilitasi peserta untuk berinteraksi dan menarik mereka sebagai bagian dari kelompok sosial yang lebih besar.

Seiring dengan bertambahnya jumlah negara yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, antusiasme peserta pun turut meningkat. Hal ini karena mereka termotivasi ketika melihat lebih dari ribuan orang—walaupun terpisah di benua yang berbeda—memiliki kesamaan persepsi. Nike berhasil menggabungkan beragam aspek ketertarikan—olah raga, lari, kompetisi, musik, dan tujuan sosial—dalam satu minat acara yaitu kebersamaan.

Nike tidak hanya menggunakan Human Race sebagai media konektor social, tetapi juga mentransformasi visi dan misi kegiatan. Acara ini telah menjadi salah satu ajang global yang memiliki fokus tujuan sosial. dan secara besar menarik minat peserta dengan melibatkan beberapa organisasi international: PBB, Yayasan Lance Amstrong, ninemillion.org, dan WWF.

Human Race adalah bentuk konektor Social hasil terobosan Nike yang memberikan pengalaman maya dan nyata. Dengan sempurna, peserta terhubung secara sosial dan berpartisipasi meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Semakin besar lingkup aspek yang tergabung dalam Human Race, semaking luas dan kuat ikatan yang tercipta antara Nike dan runners.


Hermawan Kartajaya,Waizly Darwin

KOMPAS

1 comment:

rossi said...

Pelatihan Internet Marketing / Bisnis Online

Ini adalah tingkatan Paling Atas: Praktek secara Langsung semua Materi Internet Bisnis Tingkat Atas, didampingi langsung oleh Tim Kami sampai benar-benar Bisa secara langsung di tempat kami.

Kalau Tidak Bisa Bagaimana???

Kalau sampai Tidak Bisa, Anda tidak Perlu Bayar sedikitpun. Ini merupakan TANGGUNG JAWAB KAMI dan GARANSI KAMI.

KANTOR dan LAB kami Jelas, Data - Data kami Valid, Foto dan Video kami ada, Denah/Peta Alamat kami Lengkap (ada di menu LOKASI), ada Call Center juga, Rekening kami Jelas, Punya Kelas untuk Kursus Lanjutan, Boleh Datang dulu, Bisa Konsultasi langsung, sekaligus anda bisa mengikuti dulu SEMINAR INTERNET kami secara GRATIS.

http://jurus-usaha.co.cc/