Wednesday, October 7, 2009

Product is Co-creation

Rabu, 7 Oktober 2009 | 17:43 WIB

KOMPAS.com - Fiat 500 merupakan kendaraan sedan yang diproduksi oleh perusahaan Italia, Fiat, sejak tahun 1957 hingga 1975 untuk pasaran Eropa. Fiat 500 pertama kali diluncurkan tahun 1957 dengan kendaraan 2 pintu. Fiat 500 biasa dikenal sebagai identitas mobil Italia sebagaimana VW beatle yang menjadi identitas mobil Jerman dan Mini sebagai identitas mobil Inggris.

Pada tahun 2007, Fiat kembali meluncurkan Fiat 500 dengan konsep retro-style car yang diklaim sebagai mobil second generation Fiat 500 yang telah diproduksi di tahun 70-an. Yang menarik dari Fiat 500 generasi baru ini adalah seluruh proses pengembangannya telah melibatkan konsumen dari proses awal sampai Fiat 500 diluncurkan ke pasar. Banyak pakar pemasaran proses pengembangan Fiat 500 merupakan salah satu case co-creation yang paling sempurna.

Secara garis besar peran konsumen dalam co-creation Fiat 500 bisa disarikan ke dalam empat hal. Pertama, di desain. 500 hari sebelum diluncurkan, Fiat mengundang pelanggan potensial untuk ikut mendesain asesoris dan fitur-fitur melalui website yang telah mereka sediakan. Dari website tersebut Fiat berhasil mendapatkan 8000 asesoris yang kemudian diseleksi menjadi 100 asesoris dan fitur yang paling relevan dan menarik buat konsumen.

Kedua, pelanggan dilibatkan untuk ikut mendesain tema-tema yang nantinya akan digunakan dalam advertising untuk menjangkau pelanggan potensial yang lebih luas.

Ketiga, pelanggan bisa meng-customize apa yang mereka inginkan dari kendaraannya. Beberapa perusahaan mobil seperti Ford and Chrysler memang telah menyediakan platform online yang memungkinkan pelanggan membuat mobil sendiri sesuai dengan yang mereka inginkan, Namun Fiat melangkah lebih jauh dengan menambahkan berbagai platform yang memungkinkan calon pelanggan membuat mobil yang lebih emosional.

Keempat, mereka melibatkan konsumennnya di dunia online. Setiap pengunjung website Fiat dapat meng-customize tampilan dan layout seperti yang mereka inginkan sesuai dengan informasi yang mereka butuhkan.

Dengan menerapkan co-creation, hasil yang diperoleh Fiat sungguh luar biasa. Mereka berhasil menjual 57 ribu Fiat 500 di bulan pertama (Juli 2007) pada saat peluncurannya ke pasar. Di prediksikan dengan semakin melibatkan pelanggan yang berkesinambungan dalam pengembangan Fiat 500 akan membantu akselerasi penjualan Fiat 500 lebih cepat di masa mendatang.

Di era New Wave seperti sekarang, paradigma pemasaran tidak lagi vertikal namun horisontal. Di sini, orientasi pemasaran bertumpu pada komunitas, di mana bukan saja langkah strateginya yang berbasiskan komunitas, namun langkah pemasaran taktikalnya yang juga melibatkan komunitas. Contohnya seperti Fiat 500 di atas, yang melakukan praktek pengembangan produk berbasiskan co-creation, yang kian menjadi trend di antara mereka yang tampil horizontal.

Era New Wave Marketing adalah era di mana semua serba horizontal di mana kita bisa berkreasi bersama konsumen. Praktek pengembangan produk Co-Creation yang dinamis, interaktif, dan berdasarkan multi-sumber akan suatu saat menggeser proses pengembangan produk yang secara tradisional dibangun lewat pendekatan yang sifatnya company-centric.


Hermawan Kartajaya,Waizly Darwin

KOMPAS

No comments: