Monday, July 27, 2009

Tips Sukses Bangun Jaringan Sosial Online

Senin, 27 Juli 2009 | 22:02 WIB

KOMPAS.com - 600 juta orang di dunia saat ini terlibat aktif dalam penggunaan jaringan sosial online, blog, dan situs foto. Bagi Anda yang belum pernah mengikuti atau ingin memperluas jaringan yang dimiliki, tips-tips ini semoga akan bermanfaat.

1. Bersikap Selektif
Terdapat banyak sekali jaringan sosial di dunia maya, seperti Facebook, Friendster, Twitter, Flickr, MySpace. Tidak mungkin untuk mempunyai akun di semua jaringan itu. Anda harus mengetahui tujuan membuat jaringan sosial tersebut karena setiap jaringan memiliki fungsi masing-masing, seperti apakah mau menambah teman? Mengetahui apa yang orang lain sedang lakukan? Mempromosikan berbagai karya musik dan video?

2. Tetap Fokus
Untuk memiliki jaringan sosial online yang sukses, Anda harus mengecek setiap perkembangan terbaru setiap harinya.

3. Siapakah Dirimu
Tampilkanlah informasi tentang diri kamu dengan baik, tetapi jangan terlalu berlebihan supaya tidak menarik perhatian cyber-stalkers.

4. Tetap Aktif
Pastikan tetap berhubungan dengan teman-teman secara rutinm misalnya ikut diskusi online, memperbaharui status, atau memberikan komentar. Tetapi janganlah berlebihan karena bisa-bisa kamu malah di cap sebagai 'spammer' oleh teman-temanmu.

5. Have Fun
Buatlah sederhana karena berhubungan dalam jaringan sosial online sangat menyenangkan. Anda bisa menambah teman, bersosialisasi, dan berbagi kepentingan yang sama.

M7-09

KOMPAS

No comments: