Wednesday, June 24, 2009

BES, Layanan Blackberry untuk Korporasi

Anda pengguna layanan BlackBerry? Pernah mendengar istilah BIS dan BES? Kalau belum, sebaiknya Anda mengenal lebih dekat kedua istilah tersebut, termasuk perbedaan, kelebihan dan kekurangan layanan BIS dan BES.

BIS atau BlackBerry Internet Service adalah layanan yang umumnya digunakan oleh individual atau small/medium office. BIS memberikan dukungan penuh bagi blackberrier dalam memanfaatkan fasilitas push email baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

Dengan menggunakan BIS, email dapat didorong masuk (di-push) jika mail server email tersebut didukung oleh teknologi POP 3 atau IMAP. Kemudahan lainnya yang diberikan oleh BIS adalah:
• Email yang diterima di handheld (Push Email) 30 detik sampai maksimum 20 menit.
• Dapat menambah email di handheld sampai 10 account BIS.
• User dapat melakukan aktivasi dari webclient baik dari PC ataupun dari handheld BlackBerry.
• Dan terakhir, tidak ada minimum berlangganan.

Namun demikian, layanan BIS masih memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan, khususnya terkait dengan kebutuhan pengguna di lingkungan korporasi besar yang membutuhkan integrasi data dan jalur komunikasi antar-pengguna. Fasilitas yang belum terakomodir oleh BIS antara lain:
• Sinkornisasi email, kalendar, task dan kontak dilakukan secara manual via Desktop Manager.
• Jika pengguna adalah karyawan dari suatu perusahaan, dia tidak dapat mengakses aplikasi internal seperti aplikasi inventory dan reimbursement.
• Penambahan kontak dilakukan secara manual baik untuk alamat email maupun nomor telepon.
• Jika pengguna lupa password Blackberry, maka semua data yang ada di handheld (daftar kontak, email, SMS, aplikasi Blackberry dan lainnya) akan hilang.
• Koneksi dan kecepatan masuknya email sangat tergantung server RIM atau mail server yang digunakan seperti yahoo dan google.

Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, belum lama ini tersedia layanan yang lebih premium dan lengkap, yaitu BlackBerry Enterprise Server atau BES. Layanan level korporat ini sangat tepat digunakan oleh perusahaan menengah ke atas, skala nasional atau multi-nasional.

Layanan ini sangat lengkap sehingga memudahkan pengguna melakukan aktivitas bisnis, senyaman dan semudah beraktifitas di komputer pribadi (PC).

Berikut beberapa kelebihan layanan BES:
• Layanan seketika (real time) untuk push email, kalendar, kontak dan task.
• Push email hingga 12 akun, termasuk email korporat dan master akun.
• Pengguna BES dapat masuk ke aplikasi internal atau intranet via BlackBerry.
• Dapat melihat data seluruh karyawan yang terdaftar di perusahaan tersebut, tergantung dari data yang disediakan oleh BES Administrator.
• Dapat melakukan ”enterprise activation” dengan menggunakan perangkat wireless di manapun, termasuk saat berada di luar negeri.
• Layanan BES tidak tergantung oleh server lain karena menggunakan BES server sendiri.
• Administrator BES dapat melakukan IT Policy, memperbaiki password handheld, menghapus handheld dan masih banyak lagi.

Layanan BES sudah bisa dinikmati oleh pelanggan Indosat sejak April 2009 lalu. Bila Anda menggunakan BES Indosat, maka secara otomatis menjadi pelanggan BIS Indosat. Saat ini, layanan yang sudah mendukung mail server microsoft exchange, Lotus Domino dan Novell tersebut hanya dapat dinikmati oleh perusahaan yang sudah memiliki domain atau website.

Kompas

- Muhammad Idham Azhari

No comments: