Wednesday, May 27, 2009

Kotler: Ini Abadnya Asia

Rabu, 27 Mei 2009 | 17:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan di Asia memiliki karakter dan stategi yang berbeda dengan di Eropa dan Amerika. Tak heran bila periode sekarang ini di mana krisis sedang melanda dunia, Asialah yang memimpin. Periode ini menjadi abadnya Asia.

Keyakinan tersebut diungkap Bapak Marketing Modern Philip Kotler saat Seminar "Marketing in Turbulent Times" di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Rabu (27/5).

"Pada saat krisis, India mengalami pertumbuhan terbaik 6,5 persen. Dan komunitas negara Asia pertumbuhannya 4,1 persen," kata Philip. Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai perbandingan, Amerika dan Kanada mengalami pertumbuhan sebesar 3 persen.

"Namun, komunitas Asia sudah bisa sampai 4-5 persen. Bahkan untuk China pada tahun 2008-2009 pertumbuhan ekonominya 9 persen," ungkap Philip.

Berdasarkan tempat terbaik untuk mengembangkan bisnis, tambah Philip, Singapura menduduki rangking pertama dari 181 negara di dunia. "Negara Asia lain yang masuk peringkat adalah Hongkong dan China di peringkat ke-4, Jepang di 12, Thailand di 13, Malaysia di 20, dan Korea peringkat ke-23," tutur Philip.

ONE

Kompas

No comments: