Sunday, May 31, 2009

INVESTASI & KEUANGAN: Mempertahankan Kekayaan

Segmen keempat dalam perjalanan "kekayaan" adalah mempertahankan kekayaan yang sudah diraih. Segmen ini merupakan fase kematangan, di mana kekayaan yang telah diperoleh, bahkan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, bisa dipertahankan untuk memberi makna bagi pemiliknya. Seperti orang lapar. Ada saatnya mencari makan, lalu kalau makanannya enak, boleh sedikit meminta tambahan. Setelah kenyang, sebaiknya berhenti sebab jika diteruskan malah menjadi penyakit.

Sebagaimana telah diuraikan dalam tulisan terdahulu, nilai kekayaan bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Ukurannya diri sendiri. Berapapun harta yang dimiliki, jika dirasa sudah cukup dan sudah mencapai seluruh tujuan keuangan, fase berikutnya adalah mempertahankannya.

Boleh jadi, sebagian dari kita beranggapan, mempertahankan kekayaan adakala tatkala sudah pensiun atau sudah memasuki masa tidak produktif tetap memiliki kekayaan yang mampu membiayai kebutuhan hidup. Ini tidak keliru, tetapi juga tidak sepenuhnya benar. Alasannya, kekayaan seseorang tidak selalu sebagai alat berjaga-jaga setelah tidak produktif. Saat produktif sekalipun, jika seseorang sudah merasa cukup dengan apa yang diperoleh, fase selanjutnya adalah mempertahankan. Bagaimana konkretnya?

.............

Kompas

No comments: