Sunday, February 22, 2009

[Kompas 100]: Bukit Darmo Property: "A Five Star Developer in Surabaya"

Bagian 12 dari 100

Minggu, 22 Februari 2009 | 07:43 WIB

Ternyata Presiden Barack Obama masih ingat dengan baik tentang Menteng.

Begitulah kesan yang muncul ketika Presiden Obama berkunjung ke Deplu Amerika dan bercakap-cakap dalam Bahasa Indonesia dengan mantan diplomat Amerika yang pernah bertugas di Indonesia. Menteng, Jakarta atau Indonesia memang punya tempat khusus buat Presiden Amerika yang pernah menghabiskan masa kecil di Menteng tersebut. Sehingga anak-anak dari SD 01 Menteng dimana dulu Obama bersekolah, menjadi penyambut kedatangan Menlu Amerika Hillary Clinton yang minggu ini berkunjung ke Jakarta. Dan bagian yang menarik dari dialog singkat yang bisa dilihat di YouTube itu adalah ketika Obama masih ingat dengan baik wilayah Menteng-nya old rich family dan yang bukan.

Meski Jakarta kini punya Pondok Indah, tapi posisi Menteng sebagai tempat tinggal orang kaya Jakarta belum tergoyahkan. Tidak heran kalau kemudian hal ini menginspirasi sebuah kawasan perumahan di Selatan Jakarta untuk menciptakan yang namanya Menteng Bintaro. Bahkan Thamrin Boulevard yang ada di jantung kota Jakarta juga ada di kawasan perumahan tersebut.

Jauh sebelum Menteng Bintaro itu muncul, Surabaya sudah ada yang namanya Bukit Darmo Residence sebuah perumahan elit di Barat Surabaya. Kebetulan, orang Surabaya memang mengenal Jalan Darmo seperti orang Jakarta mengenal Menteng, alias tempat orang kaya. Bagi mereka yang menjadi bagian Old Boys Network Surabaya, ada banyak cerita unik tentang Jalan Darmo.

Di jalan tersebut ada sekolah Santa Maria yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan masa muda mereka. Selain itu ada juga cerita tentang bagaimana bertelepon lokal di antara mereka, dengan cara yang kini tak terbayangkan bagi kebanyakan orang di jaman sekarang. Yaitu berbicara melalui operator untuk percakapan domestik persis kalau kita kini berbicara melalui extension number dari telepon PABX, dengan misalnya menyebut ”Selatan 117 mau bicara ke Darmo 234”.

Yang menarik, beda dengan Menteng Bintaro, kawasan Darmo di mana Bukit Darmo Residence itu berada merupakan suatu kawasan yang sangat luas. Bahkan disitu ada yang namanya Kota Satelit Darmo. Ini jelas merupakan tantangan tersendiri bagi PT Bukit Darmo Property Tbk (BKDP) yang sedang mengembangkan five star property project seperti apartemen The Adhiwangsa dan Lenmarc Mall di area dengan luas 5 hektar di kawasan tersebut.

BKDP yang didirikan oleh keluarga Sumampow dan kini dipimpin oleh Wim Gideon Gobel ini memang dikenal selalu mengeluarkan produk high quality dan high-end sebagai diferensiasinya. Ini bisa dilihat dari konsep, design maupun pengerjaannya. The Adhiwangsa misalnya, dibangun menggunakan material kelas satu dengan konsep single face, dimana seluruh unit menghadap satu sisi, dengan jarak pandang 2,5 km, berpemandangan Bukit Darmo Golf, satu satunya golf course di Surabaya yang didesign oleh Jack Nicklaus II. Dengan lift pribadi untuk tiap unit dan satu lobi khusus untuk tiap tower, The Adhiwangsa dapat disebut sebagai the highest class apartement di Surabaya.

Dengan fokus dan komiten 100 persen pada kualitas produk yang tinggi, tampaknya BKDP berhasil membangun brand The Adhiwangsa sebagai apartemen high-class terbaik di Surabaya. Tidak heran kalau saat launching, word of mouth yang tercipta cukup mengesankan. Sebagian besar orang kaya Surabaya saat itu tertarik untuk memiliki unit di situ.

Lenmarc Mall adalah pusat perbelanjaan premium yang tidak kalah inovatif dengan The Adhiwangsa yang terhubung satu sama lain. Semua dinding mall terbuat dari kaca, sehingga pengunjung mall bisa mendapatkan experience yang unik, dimana mereka dapat menikmati city view di satu sisi dan golf view di sisi lain. Calon tenant Lenmarc juga terdiri atas berbagai brand high-end dalam negeri maupun luar negeri. Semua ini mendukung visi BKDP untuk menjadikan Lenmarc sebagai the modern lifestyle shopping paradise dan mendukung visi Surabaya 2025 sebagai kota metropolitan.

Meskipun demikian kami melihat potensi BKDP untuk semakin sukses dalam penjualan, yaitu melalui peningkatan customer centricity. Eksplorasi lebih dalam akan kebutuhan customer akan memungkinkan BKDP menawarkan produk yang lebih customised serta memberikan servis yang lebih flexible dan tentu saja memperkuat posisi BKDP sebagai The Real Five Star Property Developer in Surabaya.

"Philip Kotler's Executive Class: 94 Days To Go"

Hermawan Kartajaya,Taufik

Kompas

No comments: