BLOGSPOT atas

Friday, February 6, 2009

Kamus Investasi & Keuangan

Active Market
Perdagangan suatu saham dengan volume besar dalam kondisi harga penawaran dan harga permintaan berkisar sempit.
Agen Asuransi
Seseorang atau badan yang diberi kuasa atau yang ditunjuk untuk mewakili atau bertindak atas nama seseorang atau badan lain dan mempunyai hubungan tetap dengan yang diwakilinya
Akuisisi
Pengambilalihan perusahaan oleh perusahaan lain melalui pembelian saham.
Analisa Fundamental
Merupakan analisa saham berdasarkan kinerja keuangan, pangsa pasar dan kemampuan manajemen dalam menjalankan perusahaan untuk menentukan harga saham di masa mendatang.
Analisa Teknikal
merupakan analisa saham berdasarkan pergerakan harga dan volume di masa lalu. Pembentukan trend ini dapat dipakai untuk memperkirakan gerak harga saham di masa depan.
Anggota bursa
Perusahaan-perusahaan sekuritas yang telah memperoleh izin dari Badan Pengawas Pasar Modal dan mempunyai hak untuk menggunakan sistem yang tersedia di bursa. Biasanya mereka pula yang menjadi pemegang saham bursa bersangkutan.
Annual report
Laporan keuangan dalam jangka waktu satu tahun (lihat Laporan Keuangan) dan telah mendapat persetujuan pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
Arbitrase
Dengan melakukan Arbitrase, investor dapat mengambil laba dari perbedaan harga yang terjadi karena surat berharga yang sama diperdagangkan di dua atau lebih pasar dengan tidak adanya risiko tambahan.
Auction Market
Pembentukan harga di pasar reguler dilakukan dengan cara tawar menawar (auction market) secara terus menerus berdasarkan kekuatan pasar.

Balance sheet
Laporan neraca keuangan perusahaan yang menunjukkan keadaan kekayaan, utang, dan modal per tanggal tertentu.
Bearish
Kondisi bursa ketika harga saham, obligasi, dan komoditas yang diperdagangkan turun dalam masa yang cukup lama.
Biaya Administrasi
sebagian ada yg untuk agent, sebagian untuk administrasi seperti rekening koran, kurir , dan lain-lain.
Biaya Akuisisi
Adalah biaya awal yg ditetapkan perusahaan sebagai dana awal nasabah, untuk coveragenya, untuk gaji2 pegawai (non agent/ agency), operational perusahaan, de el el.
Biaya Asuransi

Adalah biaya untuk kelangsungan cover atas seluruh benefitnya.

Biaya Asuransi
adalah biaya untuk kelangsungan cover atas seluruh benefitnya.
Bid
Penawaran yang diajukan oleh calon pembeli saham. Harga penawarannya disebut bid price.
Block Trading
Perdagangan dalam jumlah besar (block trading) adalah perdagangan untuk jumlah saham minimal 200 (dua ratus) ribu lembar saham.
Bluechips
Sering diterjemahkan sebagai saham unggulan. Biasanya menunjukkan pada saham-saham perusahaan yang memiliki reputasi baik serta gampang diperjualbelikan di bursa saham karena banyak peminatnya.
Bond
Sebutan lain untuk obligasi. Surat bukti utang jangka panjang dari emiten, lazimnya di atas tiga tahun. Setiap periode tertentu pemilik surat ini bisa menukarkan kupon-kupon yang terlampir untuk mendapatkan bunga dari emiten, sampai akhirnya jatuh tempo ketika perusahaan harus melunasi utangnya. Bond bisa diperjualbelikan di bursa efek.
Book value
Nilai perusahaan dihitung dari total asset dikurangi harta tidak terwujud, dikurangi utang dan nilai nominal dari saham preferen.
Broker
Sebutan lain pialang. Individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli atas efek-efek yang diterbitkan oleh perusahaan (emiten) dengan memperoleh imbalan jasa.
Bullish
Kebalikan dari bearish. Kondisi bursa ketika harga saham, obligasi, dan komoditas yang diperdagangkan naik dalam masa yang cukup lama.
Bursa efek
Pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek. Di Indonesia saat ini ada dua bursa efek: Bursa Efek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES).
Buyback
Emiten kadangkala melakukan Buyback atau pembelian kembali saham yang beredar dengan tujuan meningkatkan pendapatan per lembar saham dan sekaligus harga pasarnya.

Capital gain
Keuntungan yang diperoleh investor dari jual beli saham.
Capital market
Bahasa keren untuk menggambarkan perdagangan surat-surat berharga, termasuk saham dan obligasi.
Cash flow
Pencatatan perubahan modal kerja sehubungan dengan kegiatan usaha perusahaan yang dilaporkan. Catatan memperlihatkan perincian sumber uang kas dan penggunaannya.
Cash Fund Unit Link (Unit Link Dana Kas atau Pasar Uang)

Jenis unit link ini merupakan pilihan instrumen investasi yang paling aman dimana portofolio investasi akan ditempatkan 100% pada instrumen pasar uang seperti deposito berjangka, sertifikat BI, dan surat hutang jangka pendek. Rentang waktu investasinya jangka pendek dengan tingkat risiko paling rendah.

Cash Fund Unit Link (Unit Link Dana Kas atau Pasar Uang)
Jenis unit link ini merupakan pilihan instrumen investasi yang paling aman dimana portofolio investasi akan ditempatkan 100% pada instrumen pasar uang seperti deposito berjangka, sertifikat BI, dan surat hutang jangka pendek. Rentang waktu investasinya jangka pendek dengan tingkat risiko paling rendah.
Closing Price
Harga penutupan suatu efek/surat berharga.
Company listing
Pendaftaran saham perusahaan ke bursa efek agar bisa diperjualbelikan.
Crossing
Perdagangan tutup sendiri (Crossing) adalah perdagangan untuk transaksi jual-beli yang dilakukan oleh satu Anggota Bursa.
Custody
Biasa diterjemahkan dengan kata kustodian. Lembaga atau pihak yang menyimpan surat-surat berharga yang diperdagangkan seperti saham. Tujuannya macam-macam, salah satunya agar memudahkan penyelesaian transaksi di kemudian hari.
Cut Loss
Tindakan untuk menghindari terjadinya kerugian yang lebih besar dengan menjual saham pada harga yang lebih rendah dibanding harga beli.

Delisting
Penghapusan saham suatu perusahaan dari bursa efek. Dengan begitu, saham bersangkutan tak bisa lagi diperdagangkan di bursa.
Dilusi
Pengurangan proporsi kepemilikan seorang pemegang saham pada suatu perusahaan.
Disclaimer
Pernyataan penolakan bertanggung jawab atas risiko investasi yang mungkin muncul akibat penggunaan informasi yang tertera pada suatu laporan riset, surat pernyataan, atau semacamnya.
Diversifikasi
Cara berinvestasi dengan menanamkan uang pada beragam efek, misalnya membeli saham dari beberapa perusahaan yang berbeda sekaligus.
Divestasi
Kebalikan dari investasi alias penjualan kembali saham perusahaan. Istilah ini populer ketika pemerintah menjual saham-saham "hasil sitaan" BPPN.
Dividen
Bagian laba yang diberikan emiten kepada para pemegang sahamnya dan besarnya dividen ditentukan oleh RUPS. Dividen bisa dibagikan dalam bentuk tunai (cash dividen) maupun dalam bentuk saham (stock dividen).
Dual Listing
Sebuah surat berharga dikatakan Dual Listing jika dicatatkan di lebih dari satu bursa sehingga likuiditas surat berharga tersebut lebih terjaga.

Earning per share
Laba bersih per saham suatu perusahaan. Cara menghitungnya, laba bersih perusahaan dibagi dengan jumlah seluruh saham.
Efek
Seluruh surat berharga alias surat-surat yang memiliki nilai uang, seperti obligasi, saham, unit penyertaan.
Efek Beragun Aset

Unit Penyertaan Kontrak Investasi Kolektif yang portofolionya terdiri dari aset keuangan berupa tagihan yang timbul dari surat berharga komersial, sewa guna usaha, perjanjian jual beli bersyarat, perjanjian pinjaman cicilan, tagihan kartu kredit, pemberian kredit termasuk kredit pemilikan rumah atau apartemen, Efek bersifat hutang yang dijamin oleh pemerintah, Sarana Peningkatan Kredit (Credit Enhancement)/Arus Kas (Cash Flow), serta aset keuangan setara dan aset keuangan lain yang berkaitan dengan aset keuangan tersebut. Dengan demikian Efek Beragun Aset bukan merupakan Reksa Dana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 27 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Pasar Modal.

Emiten
Perusahaan yang menerbitkan dan menawarkan surat berharga kepada masyarakat atau investor melalui penawaran umum.
Emiten

Pihak yang melakukan Penawaran Umum.

Endorsement
(pengalihan hak) pengesahan pemindahan hak milik aset dengan membubuhi tanda tangan dan cap di balik efek.
Equity Unit Link (Unit Link Dana Saham)
Jenis unit link ini paling sesuai untuk nasabah yang ingin mendapatkan pertumbuhan hasil investasi secara maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut, dana investasi akan dikembangkan pada instrumen yang memiliki potensi pertumbuhan paling besar yaitu saham (sekurang-kurangnya 80%). Tingkat return atau pengembalian hasil investasi akan berubah dari tahun ke tahun dan berfluktuasi seiring dengan kondisi pasar saham.

Face value
nilai nominal, nilai yang tercantum pada sekuritas seperti wesel, obligasi dll.
Fenomena Standard & Poor's (S&P)
Sebuah saham cenderung mengalami kenaikan harga jika baru saja masuk dalam S&P Index karena dana indeks yang terkait akan menyesuaikan portofolio mereka, inilah Fenomena Standard & Poor's (S&P).
Financial Statement
laporan keuangan, laporan utama yang diterbitkan secara periodik, disusun berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum menyajikan kondisi keuangan perusahaan (neraca), laporan rugi-lab, dan laporan perubahan ekuitas pemilik.
Fixed Income Investment
investasi pendapatn tetap, suatu efek yang hanya memberikan suatu tingkat pendapatan tetap, contoh: obligasi, saham preferen dll.
Fixed Income Unit Link (Unit Link Pendapatan Tetap)
Jenis unit link ini cocok diambil oleh nasabah yang ingin mendapatkan keuntungan pada tingkat bunga optimal namun tetap mengutamakan pendapatan yang stabil dan konsisten. Komposisi dana investasi akan difokuskan pada instrumen obligasi (sekurang-kurangnya 80%).
Fundamental Analysis
merupakan analisa saham berdasarkan kinerja keuangan, pangsa pasar dan kemampuan manajemen dalam menjalankan perusahaan untuk menentukan harga saham di masa mendatang.

Gain (Untung)
Hasil keuntungan yang diperoleh dan transaksi surat berharga; keuntungan tersebut terjadi apabila harga Jual surat berharga lebih besar daripada harga beli
Go public
Rangkaian proses ketika suatu perusahaan menawarkan sahamnya untuk masyarakat luas.
Growth Stock
memperlihatkan perolehan penghasilan yang lebih cepat dari rata-rata beberapa tahun terakhir dan menunjukkan pertumbuhan laba lebih tinggi dalam jangka panjang.

Harga nominal (par value)
Nilai yang ditetapkan emiten untuk menilai setiap saham yang dikeluarkannya.
Harga Pari
par value, istilah lain dari harga nominal.
Harga pasar
Harga terakhir yang dilaporkan saat saham terjual di bursa. Harga ini terjadi setelah saham tersebut dicatatkan di bursa.
Harga perdana
Harga pada waktu pertama kali suatu efek ditawarkan kepada masyarakat.
Hedging
Investor seringkali melakukan Hedging dengan cara melakukan transaksi yang berlawanan di pasar berjangka atas posisi investasi mereka di pasar spot.
Hedging
dari kata "Hedge" yang maksudnya mengambil langkah pengamanan dari suatu keadaan agar bila dalam pergerakan market, asset kita tidak rugi atau paling tidak ruginya diminimalisir. Misalkan kita punya pinjaman dari bank dengan bunga sekian, kita tempatkan dana pinjaman kita di suatu bisnis atau investasi yang menghasilkan lebih dari bunga bank, nah ini berarti kita udah "hedging" uang pinjaman bank yang kita ambil. kita punya dana 100 juta kita belikan semua ke satu saham bluechip seharga $100, nah supaya menjaga agar investasi kita disaham tidak jatuh, maka kita bisa beli Futures contract daripada saham itu, misakan futures contract 3 bulan kedepan kita bisa menjual saham itu di harga $100, jadi kalau harga saham turun ke $75 pun, di bulan ke 3 kita tetap bisa break even, karena udah ada "Hedging" di futures contract saham.
Holding company
Biasa disebut pula perusahaan induk. Artinya, perusahaan yang memiliki saham dengan hak suara yang cukup di dalam perusahaan lain untuk mempengaruhi dewan direksi sehingga bisa mengendalikan kebijaksanaan dan manajemen perusahaan tersebut.

Indeks
Indikator yang menggambarkan pergerakan harga seluruh saham di bursa efek atau saham-saham tertentu.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)
Indikator gabungan dari pergerakan harga seluruh saham yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, baik saham biasa maupun saham preferen. Hari dasar perhitungan IHSG adalah tanggal 10 Agustus 1982 dengan nilai 100.
Initial Public Offering (IPO)
Penawaran saham perdana pada saat perusahaan mulai go public.
Insider trading
Transaksi saham berdasarkan bocoran informasi rahasia dari pihak-pihak yang terkait dengan emiten, konsultan perusahaan, atau regulator (insider information). Transaksi seperti ini biasanya melibatkan orang-orang yang menurut aturan tidak boleh melakukan transaksi. Contoh insider trading, direksi perusahaan yang memperdagangkan saham perusahaan sendiri.
Instrumen Pasar Modal
semua instrumen keuangan yang berada di pasar modal sebagai media investasi. Saat ini di Indonesia ada tujuh instrumen, yaitu: saham, obligasi, obligasi konversi, rights, waran, reksadana, dan asset back securities.
Interest Coverage
menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar bunga dan potensinya untuk meningkatkan/mengurangi kembali pinjamannya.
Investasi
Kegiatan menanam dana atau modal dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.
Investor
Perorangan atau lembaga yang menanamkan modalnya dalam saham perusahaan.

Jakarta Automated Trading System (JATS)
merupakan sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa Efek Jakarta untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana computer.

Kapitalisasi pasar
Harga saham perusahaan dikalikan dengan jumlah saham yang diedarkan.
Klaim (claim)
Permintaan ganti rugi dari tertanggung, kepada penanggung sesuai dengan kerugian yang dipertanggungkan berdasarkan polisnya.
Kliring
Proses penentuan hak dan kewajiban yang timbul dari transaksi di bursa atau pertukaran efek antarpialang sekaligus perhitungan rekening masing-masing.
Kontrak
Kontrak unit link biasanya jangka Panjang diatas 10 tahun, sehingga ada kedisiplinan untuk terus membayar premi (setiap jatuh tempo pembayaran, perusahaan asuransi mengingatkan hal tersebut)
Kontrak Investasi Kolektif
Kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan dimana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.
Konversi Saham
perubahan bentuk saham dari wujud fisik menjadi data elektronik
Kustodian

Pihak yang memberikan jasa penitipan Efek dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

Laporan keuangan
Suatu laporan mengenai keadaan keuangan perusahaan. Isi laporan ini termasuk neraca perusahaan, laporan laba-rugi, dan arus kas.
Lembaga Kliring dan Penjaminan

Pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa.

Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian

Pihak yang menyelenggarakan kegiatan Kustodian sentral bagi Bank Kustodian, Perusahaan Efek, dan Pihak lain.

Likuiditas
Karakteristik suatu saham yang jumlahnya cukup banyak di dalam peredaran sehingga memungkinkan untuk dilakukan transaksi dalam jumlah besar tanpa harus menyebabkan turunnya harga saham.
Lot
Satuan terkecil perdagangan saham di bursa (500 saham).
LQ-45
Indeks di Bursa Efek Jakarta yang terbentuk dari 45 saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar tertinggi dan diseleksi melalui beberapa kriteria pemilihan, dengan evaluasi setiap 6 bulan sekali.

Managed Unit Link (Unit Link Pendapatan Campuran)
Jenis unit link ini sesuai untuk para nasabah yang ingin memperoleh investasi yang memberikan pendapatan memadai sekaligus memanfaatkan peluang pertumbuhan investasi dalam jangka panjang.
Manajer Investasi
Manajer Investasi atau yang biasa disebut fund/investment manager adalah pihak yang kegiatan usahanya mengelola portofolio efek, dan menjual bagian (unit) dalam portofolio tersebut kepada investor, baik investor institusional maupun individual. Untuk mencapai tujuan tersebut, pengelolaan dana investasi akan difokuskan pada saham dan obligasi dengan komposisi tertentu sehingga dapat diperoleh tingkat return yang optimal. Tingkat pengembalian dapat berfluktuasi dari tahun ke tahun namun relatif lebih stabil dibandingkan unit link dana saham.
Manajer Investasi
pihak yang mendapatkan izin Bapepam untuk mengadakan usaha mengelola portfolio efek bagi para nasabah atau mengelola portfolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah.
Manipulasi Pasar
usaha-usaha perorangan atau sekelompok investor dengan cara memberikan informasi yang tidak sebenarnya untuk mempengaruhi investor lain melakukan perdagangan.
Margin Trading
perdagangan marjin, perdagangan efek oleh nasabah dengan sebagian penbiayaannya dilakukan oleh perantara pedagang efek dengan jaminan saham yang dibeli
Market Capitalization
nilai suatu perusahaan publik berdasarkan harga pasar dari saham biasa yang diterbitkan dikalikan jumalh saham yang beredar.
Market order
pesanan jual/beli berdasarkan harga terbaik yang terjadi di bursa.
Market Orders
pesanan jual/beli dari nasabah untuk suatu efek berdasarkan pada penawaran/permintaan terbaik saat itu.
Merger
Penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu, di mana unit yang dominan menyedot unit yang pasif, dan unit yang dominan ini meneruskan kegiatan bisnisnya di bawah nama yang sama. Berlawanan dengan merger, dalam suatu konsolidasi (atau peleburan usaha), dua unit bergabung dan diganti dengan suatu perusahaan baru, biasanya dengan nama yang baru pula
NAV (Nett Aset Value)
Penghitungan seluruh total nilai investasi reksadana sejenis, dikurangi dengan biaya-biaya pengeloaan reksadana dan kemudian dibagi dengan total unit penyertaan yang dikeluarkan oleh perusahaan reksadana.

Odd Lot
Perdagangan di bawah standar lot (Odd Lot) adalah perdagangan untuk jumlah saham kurang dari standar lot, yaitu kurang dari 500 lembar saham untuk saham sektor non perbankan atau kurang dari 5000 lembar saham untuk saham sektor perbankan.
Offer
Penawaran jual suatu saham di bursa oleh calon penjual. Harga penawarannya disebut offer price.
Open Price
harga pembukaan, harga pada saat pasar pertama kali dibuka
Opsi (option)
hak untuk membeli atau menjual suatu saham pada harga yang telah diperjanjikan dalam kontrak/perjanjian.

Pasar perdana
Penjualan efek pertama kali kepada publik pada saat IPO.
Pasar sekunder
Suatu transaksi yang berlangsung pada setiap hari bursa bertempat di bursa efek terhadap saham-saham yang terdaftar di bursa efek. Proses transaksi ini berlangsung antara para broker baik atas nama sendiri maupun atas nama orang lain.
Pasar Tutup Sendiri
penjual dan pembeli saham menggunakan pialang yang sama.
Penasihat Investasi

Pihak yang memberi nasihat kepada Pihak lain mengenai penjualan atau pembelian Efek dengan memperoleh imbalan jasa.

Penawaran Tender

penawaran melalui Media Massa untuk memperoleh Efek Bersifat Ekuitas dengan cara pembelian atau pertukaran dengan Efek lainnya .

Penjamin Emisi Efek

Pihak yang membuat kontrak dengan Emiten untuk melakukan Penawaran Umum bagi kepentingan Emiten dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa Efek yang tidak terjual.

Perdagangan tanpa warkat
(scripples trading) perdagangan saham yang penyelesaian transaksinya tanpa menggunakan sertifikat saham secara fisik.
Perolehan (Return )
Suatu jumlah dimana suatu investasi dapat bertambah karena penggabungan bunga atau pendapatan devidend dan pertumbuhan modal. Hal ini dinyatakan dalam prosentase. Untuk unit link syariah, perolehan atau return adalah bagi hasil
Perusahaan publik
Perseroan yang sahamnya telah dimiliki sekurang-kurangnya oleh 300 (tiga ratus) pemegang saham dan memiliki modal disetor sekurang-kurangnya Rp 3 miliar atau suatu jumlah pemegang saham dan modal disetor yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah.
Pialang
Pihak yang melaksanakan pembelian dan atau penjualan saham atas perintah investor. Dari aktivitasnya mendapatkan komisi (fee).

Portofolio
Jika Anda melakukan diversifikasi investasi dilebih dari sebuah saham atau dengan kombinasi obligasi, properti atau aktiva lainnya dengan tujuan mengurangi risiko, maka Anda telah menciptakan Portofolio.
Portofolio (Portfolio)
Sekuritas (khususnya ekuitas, obligasi dan uang tunai) dimiliki oleh investor atau oleh suatu reksa dana.
Premi
Biaya pertanggungan yang dibayar secara sekaligus atau berkala oleh tertanggung kepada penanggung berdasarkan suatu polis. Nasabah unit link membayar premi dalam dua porsi: porsi premi perlindungan dan porsi investasi. Premi perlindungan berfungsi sama dengan premi pada asuransi biasa. Sedangkan porsi investasi akan disetorkan oleh perusahaan asuransi kepada manajer investasi untuk dikelola.

Prospektus

Setiap informasi tertulis sehubungan dengan Penawaran Umum dengan tujuan agar pihak lain membeli efek.

Quote
kependekan dari quotation, menunjukkan harga saat ini (real time price) untuk saham yang ditawarkan, kadang quote menunjukkan pula harga tertunda.

RBC
(Risk Based Capital), yaitu rasio yang mengukur kesehatan dan dan keamanan finansial perusahaan asuransi. Semakin besar semakin baik. Sedangkan ketentuan pemerintah hanya 120%
Redemption
mekanisme pembelian kembali oleh manajer investasi atas unit penyertaan yang telah dibeli oleh investor atau nasabahnya. Atau, suatu mekanisme di mana investor atau nasabah reksa dana menjual unit penyertaan yang dimilikinya dan manajer investasi wajib membeli kembali unit penyertaan tersebut.
REINSTATEMENT (PEMULIHAN POLIS)
Menghidupkan kembali polis yang sudah batal karena tidak membayar premi.
Return
Hasil yang diperoleh dari penanaman modal tertentu dalam suatu perusahaan di dalam periode tertentu.
Right issue
Penawaran umum terbatas efek pada harga tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya kepada pemegang saham lama dalam rangka penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu.
Saham
Bagian kepemilikan dari suatu badan usaha. Jika Anda membeli atau memiliki sebagian saham dari suatu perusahaan berarti Anda ikut serta memiliki perusahaan dan tentu saja Anda memiliki klaim baik pada kekayaan maupun pada penghasilan perusahaan.
Saham bonus
Penerbitan saham untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada pemegang saham
Saham Gorengan
Adalah saham perusahaan-perusahaan yang umumnya diperdagangkan bukan berdasarkan fundamentalnya tetapi sering diperdagangkan oleh para bandar saham untuk mendapatkan keuntungan
Saham Tidur
Saham yang tidak aktif diperdagangkan.
Scripless trading
Perdagangan saham tanpa warkat.
Securities company (perusahaan efek)
Perusahaan yang telah memperoleh izin usaha berdasarkan keputusan ini untuk menjalankan satu atau beberapa kegiatan sebagai penjamin emisi, perantara pedagang efek, manajer investasi, atau penasihat investasi.
Short selling
Menjual saham walaupun belum memilikinya. Biasanya strategi ini dilakukan ketika investor yakin harga saham akan turun pada hari yang sama, sehingga dia bisa membeli ketika harganya lebih rendah ketimbang saat dia menjualnya.
Stock split
Pemecahan setiap satuan unit saham menjadi lebih dari satu sehingga akan menambah jumlah saham yang beredar.
Suspend
Penghentian perdagangan saham untuk sementara.

Top-up
Tambahan investasi di luar premi asuransi yang dibayarkan tiap bulan. Biasanya tambahan nilai investasinya ini ditentukan minimal Rp 1 juta untuk satu kali setoran.
Trading floor
Lantai bursa, tempat transaksi efek berlangsung
Transaksi Bursa

kontrak yang dibuat oleh Anggota Bursa Efek sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Bursa Efek mengenai jual beli Efek, pinjam-meminjam Efek, atau kontrak lain mengenai Efek atau harga Efek.

Transaksi di Luar Bursa

transaksi antar Perusahaan Efek atau antara Perusahaan Efek dengan Pihak lain yang tidak diatur oleh Bursa Efek, dan transaksi antar Pihak yang bukan Perusahaan Efek.

Undersubscribed
jika jumlah permintaan terhadap saham perdana kurang dari jumlah saham yang akan diterbitkan.
Undervalued
Saham atau surat berharga yang menurut persepsi orang diperdagangkan dengan harga di bawah nilai likuidasinya.
Underwriter
Di sebut juga dengan penjamin emisi, perusahaan sekuritas yang bertindak melaksanakan penjaminan atas keberhasilan penjualan emisi efek tersebut
Unit
Unit adalah satuan kepemilikan investasi termasuk pecahan di dalamnya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dana investasi. Jumlah unit yang dialokasikan tergantung dari jumlah premi investasi yangdialokasikan dan nilai unit pada saat penempatan.
Unit link
Adalah produk asuransi yang menggabungkan layanan asuransi dan investasi sekaligus. Dengan menjadi nasabah produk unit link, seseorang bisa mendapatkan manfaat ganda yaitu perlindungan asuransi dan investasi. Produk asuransi yang ditawarkan bisa berbentuk asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, tetapi biasanya dipasarkan dalam kemasan yang lebih menarik bagi masyarakat: misalnya tabungan masa depan atau asuransi pendidikan. Sedangkan pembayaran premi hanya sampai tahun tertentu saja dan selebihnya investasi atau tabungannya yang akan membayar preminya.
Wali Amanat

Pihak yang mewakili kepentingan pemegang Efek yang bersifat utang.

Waran

Efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang Efek untuk memesan saham dari perusahaan tersebut pada harga tertentu untuk 6 (enam) bulan atau lebih.

Window dressing
Upaya para manajer investasi mempercantik kinerjanya dengan mengangkat harga saham-saham yang ada dalam portofolionya. Aksi ini dilakukaan di akhir kuartal, akhir semester atau akhir tahun.

Yurisdiksi Setara

sistem hukum negara lain yang di dalam peraturan perundang-undangannya, termasuk peraturan di bidang pasar modal, terdapat ketentuan tentang perlindungan terhadap kepentingan pemodal yang melakukan investasi atas suatu jenis Efek, yang pada prinsipnya sesuai dengan ketentuan tentang perlindungan terhadap kepentingan pemodal yang melakukan investasi atas Efek yang sejenis menurut peraturan perundang-undangan pasar modal di Indonesia.

Kontan ONLINE

No comments: