Monday, February 9, 2009

HARGA EMAS HARI INI: Harga Si Kuning Melorot Lagi

Senin, 9 Februari 2009 | 15:05

SINGAPURA. Sudah dua hari ini, harga emas di Asia terus melorot. Hal ini terjadi setelah beberapa investor melakukan aksi jual untuk menarik keuntungan atas melonjaknya harga si kuning pada minggu lalu.

Penyebab lainnya, adanya kenaikan di pasar bursa regional membuat turunnya permintaan emas sebagai investasi alternatif.

“Adanya aksi para spekulan dia pasar emas saat ini membuat emas melorot. Kami memprediksikan aksi profit taking akan tetap marak pada satu hingga dua minggu mendatang,” jelas Analis Credit Suisse, Tobias Merath.

Saat ini, harga emas untuk pengantaran cepat turun sebesar 0,9% menjadi US$ 903,34 per troy ounce. Pada pukul 11.00 waktu Singapura, emas berada pada posisi US$ 929,70 per troy ounce.

Sementara itu, harga emas untuk pengantaran bulan Februari melorot 0,9% menjadi US$ 906,30 di Nymex divisi Comex.

Meski demikian, harga emas diperkirakan akan mengalami rebound pada minggu ini seiring adanya rencana kebijakan baru AS tentang anggaran belanjanya.

Pada tanggal 6 dan 7 Februari lalu, sekitar 27 trader, investor dan analis yang disurvei dari Tokyo hingga Chicago pada 5 Februari dan 6 Februari menyarankan untuk membeli emas.

Barratut Taqiyyah Bloomberg

Kontan ONLINE

No comments: