Wednesday, November 26, 2008

Media Online Efektif untuk Marketing dan PR

Rabu, 26 November 2008 | 12:23 WIB

JAKARTA, RABU - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat turut memicu kelahiran media baru, dan mengubah gaya hidup masyarakat dalam memeroleh informasi. Jika dahulu orang mendapatkan informasi dengan membaca koran di pagi hari, saat ini seseorang mulai terbiasa untuk mendapatkan informasi di manapun, kapanpun, dan dengan apa pun.

Demikian disampaikan oleh Redaktur Senior Kompas Ninok Leksono dalam diskusi pemanfaatan media online, Rabu (26/11) di Museum Bank Indonesia, Jakarta. Menurutnya, media baru tersebut bersifat instant, interaktif, dan berlingkup global tanpa terkendala batas-batas geografi."Media baru ini dapat menjadi media efektif untuk marketing dan PR. Untuk menjadikannya sebagai media yang baik, maka media tersebut harus dikerjakan secara reguler, sistematik, serta proaktif. Selain itu, kegiatan online juga harus didukung oleh kegiatan offline karena masyarakat Indonesia masih memerlukan tatap muka," ujar Ninok.

Sementara itu, konsultan Brand dan Etnografer Amalia E. Maulana mengatakan, tantangan utama para markerter di tengah-tengah pesatnya kemajuan teknologi adalah semakin pintarnya para pelanggan, dan semakin banyaknya pilihan yang ada, sehingga sulit mendapatkan loyalitas dari mereka."Saat ini, customer semakin canggih. Sebelum memutuskan membeli suatu produk, mereka mulai mencari-cari informasi di internet, membaca product reviev dari customer lainnya, bukan dari produsen," ujar Amalia.

Dengan demikian, para markerter perlu mengubah strategi pemasaran yang lebih menitikberatkan kepada kedekatan hubungan dengan customer, dan lebih banyak melakukan dialog, sehingga internalisasi pesan dapat benar-benar sampai. "Jika dulu belanja iklan hanya dialokasikan untuk media-media besar, saat ini para markerter juga mengalokasikan dana iklan untuk segmented media," kata Amalia.

Khusus untuk media online, kata Amalia, pengelola harus dapat memberikan sense of community guna menciptakan pengunjung setia. Hal ini misalnya dapat diwujudkan dengan membentuk forum diskusi. Selain itu, media online tersebut harus memiliki navigasi yang mudah sehingga dapat memberikan kenyamanan (convenience) kepada pengunjung.


HIN

Kompas

No comments: