Saturday, November 8, 2008

[Bagian 69 dari 100] New Wave Marketing: Wikipedia: Collective Wisdom from the Crowds

Sabtu, 8 November 2008 | 03:18 WIB

ANDA tahu situs Wikipedia, bukan? Bagi Anda yang belum tahu, situs ini merupakan ensiklopedia online raksasa. Berbagai informasi bisa kita dapatkan di situs ini dengan cepat, tanpa perlu repot-repot membolak-balik buku-buku yang tebal dan berat-berat seperti Encyclopædia Britannica yang mencapai 32 volume!

Banyak orang yang memang merasakan manfaat dari kehadiran Wikipedia ini. Tidak heran jika situs yang diciptakan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger pada tahun 2001 ini tumbuh dengan pesat. Wikipedia mampu menarik 684 juta pengunjung setiap tahunnya. Kemudian, ada lebih dari 75 ribu kontributor aktif yang mengerjakan lebih dari 10 juta artikel dalam lebih dari 250 bahasa. Saat tulisan ini saya buat saja, ada lebih dari 2,5 juta artikel dalam bahasa Inggris. Setiap hari ada ratusan ribu pengunjung dari seluruh dunia yang menyunting puluhan ribu artikel dan menciptakan ribuan artikel baru untuk memperkaya pengetahuan yang ada di Wikipedia ini.

Ya, inilah kelebihan Wikipedia dibanding ensiklopedia yang berbentuk buku. Wikipedia memudahkan orang untuk mengakses dan sekaligus menyumbangkan informasi. Selain itu, karena online, dengan mudah dan cepat setiap artikel yang ada bisa diperbaharui dengan informasi terbaru.

bersambung...

Hermawan Kartajaya

Kompas

No comments: