Thursday, November 6, 2008

[Bagian 67 dari 100] New Wave Marketing: It's not Marketing-Mix anymore, It's Crowd-Combo!

Kamis, 6 November 2008 | 07:06 WIB

Saya yakin semua pemasar sudah tahu yang namanya marketing-mix.

Marketing-mix ini memang “makanan” sehari-hari para pemasar. Bahkan bagi banyak praktisi pemasaran, marketing-mix inilah yang dianggap sebagai konsep marketing secara keseluruhan. Marketing-mix sering dipahami sebagai prinsip marketing yang lengkap.

Namun bagi saya, marketing-mix hanyalah sebuah elemen dari Taktik Pemasaran selain Diferensiasi dan Selling. Marketing-mix ini ibaratnya merupakan puncak dari sebuah gunung es”, bagian yang paling terlihat dari aktivitas sebuah perusahaan di pasar.

Istilah marketing-mix sendiri pertama kalinya dikemukakan oleh Neil Borden, profesor dari Harvard Business School, dalam pidatonya di American Marketing Association (AMA) pada tahun 1953. Setelah itu, pada akhir 1950-an, Prof. Jerome McCarthy dari Michigan University mengklasifikasikan marketing-mix ini menjadi product, price, place, dan promotion. Karena itulah, marketing-mix ini sering disebut juga sebagai 4P.

bersambung...

Hermawan Kartajaya

Kompas

No comments: