Saturday, November 1, 2008

[Bagian 62 dari 100] New Wave Marketing: The 3 Cs to Win the Mind Share

Sabtu, 1 November 2008 | 14:03 WIB

SAYA akan meninjau kembali bagaimana Strategi memenangkan perang untuk menguasai benak pelanggan (mind share). Dalam New Wave Marketing, elemen-elemen Strategi ini terdiri dari Communitization, Confirming, dan Clarifying; bukan lagi Segmentasi, Targeting, dan Positioning seperti yang terdapat dalam Legacy Marketing.

Langkah pertama dalam membangun Strategi adalah Communitization alias membentuk komunitas atau memanfaatkan komunitas yang ada. Komunitas ini sendiri definisinya adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya. Dalam komunitas ini terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values. Proses pembentukannya bersifat horisontal karena dilakukan oleh individu-individu yang kedudukannya setara.

Karena dalam New Wave Marketing ini ditandai dengan praktik low-budget high-impact marketing, maka Communitization ini harus bisa menerapkan apa yang disebut sebagai Reed’s Law ketimbang menerapkan Metcalfe’s Law atau Sarnoff’s Law.

bersambung...

Hermawan Kartajaya

Kompas

No comments: