Tuesday, October 28, 2008

[Bagian 58 dari 100] New Wave Marketing: The Lord of the Rings: Confirming the Community

Selasa, 28 Oktober 2008 | 07:23 WIB

TENTU Anda tahu trilogi film The Lord of the Rings, bukan? Film karya Peter Jackson berdasarkan buku J.R.R. Tolkien ini merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa. Bukan hanya sukses secara komersial, namun juga dari sisi kualitas. Trilogi film ini secara total menghasilkan revenue sebesar 2,91 milyar dollar AS, dan juga memenangkan 17 Piala Oscar. Seri terakhirnya, The Return of the King, menggondol 11 Piala Oscar, film ketiga sepanjang sejarah yang berhasil meraih piala Oscar sebanyak itu setelah Ben-Hur dan Titanic.

Film ini ceritanya memang sangat menarik dan secara visual juga sangat menawan. Kisahnya seputar petualangan di dunia khayal bernama Middle Earth. Sekelompok tokoh baik yang tergabung dalam “the Fellowship” berjuang menempuh perjalanan panjang dan berliku serta penuh bahaya untuk menghancurkan sebuah cincin yang merupakan pusat kekuatan si tokoh jahat, Dark Lord Sauron.

“The Fellowship” terdiri dari berbagai makhluk. Ada empat makhluk hobbit: Frodo Baggins, Sam, Pippin, dan Merry. Kemudian ada sosok manusia perkasa keturunan raja-raja, Aragorn. Ada Gimli, pemimpin kaum kurcaci, dan Legolas, manusia setengah peri yang juga jago panah. Dan ada pula Gandalf, penyihir tua yang bijak.

bersambung...

Hermawan Kartajaya

Kompas

No comments: