Friday, October 24, 2008

[Bagian 54 dari 100] New Wave Marketing: The Value of Community: From Sarnoff's Law to Reed's Law

Jumat, 24 Oktober 2008 | 07:14 WIB

SEBENARNYA, berapa besar nilai yang bisa diperoleh jika melakukan Communitization? Pertanyaan ini beralasan, sebab New Wave Marketer harus melakukan kalkulasi yang cermat dalam menyusun program marketing-nya. Seperti sudah sering saya kemukakan, New Wave Marketing ini ditandai dengan praktik low-budget high-impact, tidak lagi seperti pada era Legacy Marketing yang high-budget high-impact.

Yang pertama adalah Sarnoff’s Broadcast Law atau Sarnoff’s Law. Hukum ini dikemukakan oleh David Sarnoff, perintis siaran radio dan televisi di Amerika. Ia juga merupakan pendiri National Broadcasting Company (NBC) serta menghabiskan sebagian besar karirnya di Radio Corporation of America (RCA).Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, ada tiga hukum yang terkait dengan Communitization.

Sarnoff’s Law ini menyatakan bahwa nilai (value) dari suatu siaran (broadcast) sebanding dengan jumlah penontonnya. Jadi, dalam Sarnoff’s Law ini, kalau jumlah audience-nya adalah N, maka nilai yang bisa dihasilkan berdasarkan hukum ini juga N. Lalu, hukum kedua adalah Metcalfe’s Network Law alias Metcalfe’s Law. Yang merumuskan hukum ini adalah Robert Metcalfe, seorang insinyur elektro yang turut menciptakan ethernet dan juga mendirikan 3Com, manufaktur infrastruktur jaringan komputer terkemuka.

bersambung...

Hermawan Kartajaya

Kompas

No comments: